}

12

Sabtu, 24 September 2016

Indramayu Kota Budaya

 Indramayu Kota Budaya


 Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.
 Hai para blogger sejati. Perkenal kan nama saya : Dibyo Harum.Saya siswa pelajar sekolah menengah atas dari SMA NEGERI 1 KANDANG HAUR. Saya dulu alumi dari SMP NEGERI 1 GABUS WETAN. Saya akan menulis sebuah artikel  yang berkaitan dengan kota yang kita cintai yang ber judul : '' Indramayu Kota Budaya '' yuk mari  kita tulis langsung saja menulis sebuah artikel tulisan yang ber judul " Indramayu Kota Budaya. Di bawah ini cukup banyak yang aku tulis tentu nya tentang Budaya - budaya yang ada di Kab.Indramayu tercinta.





 || Indramayu kota Budaya || tidak semua orang banyak yang mengenal kota kecil ini, dimana indramayu ini sebagian dari provinsi jawa barat, yang  terletak  pada geografis sebelah utara pantai atau  di sebut juga jalan pantura { pantai pantura . Kota ini selalu terkenal pada hari - hari besar seperti musim mudik lebaran, Karena jalan pantura banyak yang melewati atau melintasi akses jalur pantura  yang di lalui para pemudik lebaran berbagai kota. itulah sepegal cerita  tentang letak geografis kota indramayu, tapi penulis yang akan membahas tentang '' Indramayu Kota Budaya "
yang ada di kota kecil ini.Yuk mari kita melihat ada apa saja budaya yang ada di kota Indramayu tercinta kita ini.


1.Ngarot 

Upacara Ngarot ini sebenar nya sudah cukup lama sejak abad ke 16 dan sampai sekarang upacara Ngarot masih bisa bertahan sampai sekarang.Upacara ini masih di selenggarakan yang terutama oleh masyarakat desa yang terletak di Kecamatan Lelea setiap menjelang penggarapan sawah. Upacara ini di laksanakan agar mendapatkan hasil pertanian melimpah dan upacara adat ini di laksanakan setiap hari rabu, minggu keempat bulan November dimana persertanya adalah para muda - mudi dengan kostum yang khas dan aksesoris yang mengerlap.


 2.Nadran


Upacara Nadran ini merupakan sebuah cerminan dari hubungan sebuah manusia dengan sang pencipta dengan berupa ungkapan rasa syukur akan hasil tangkapan ikan  dan mengharapkan meningkat nya hasil tangkapan ikan di masa mendatang dan serta di jauhkan dari bencana dan mara bahaya dalam mencari nafkah di lautan. Umumnya upacara adat Nadran ini di selengarakan pada bulan Oktober samapai bulan Desember. Yang berlokasi di Pantai Eretan, Dadap, Karangsong, Limbangan, Glayem, Bugel, Ujung Gebang.




3. Tarling

siapa sih yang tidak tau sama tarling seperti gambar di samping ini. Tarling adalah sebuah Tembangan atau Orkes Jawa yang terpopuler sampai sekarang.
Tarling merupakan seni musik dan lagu pada awalnya di tampilkan dalam bentuk nyanyian atau yang sering di sebut kiser yang di iringi oleh gitar dan suling saja.

Sejalan dengan seiring nya perkembangan jaman, kesenian tarling mengalami perkembangan yang cukup pesat. kini tarling sudah di lengkapi dengan alat alat musik yang modern. Kendati pun dan juga demikian tarling klasik masih banyak diminati oleh wisatawan domestik. Salah satu seorang Mahestro Tarling klasik yang terkenal dan di minat oleh masyarkat Indramayu adalah Ibu Hj, Dariah dengan grup yang bernama cahaya muda yang dipimpimnya


4. Tari Topeng


Tari Topeng adalah seni tari kesenian yang berasal dari daerah Cirebon, termasuk Indramayu. Tari Topeng ini adalah salah satu tarian yang di tatar Parahyangan. Di sebut tari topeng, di karena kan pernari memakai topeng di saat menari. Tari Topeng ini banyak sekali ragam dan bentuknya, dan juga mengalami perkembangan dalam hal posisi gerakan mau pun cerita yang ingin di sampaikan. Terkadang - kadang tari topeng dimainkan oleh satu orang penari solo atau juga bisa dimainkan  oleh beberapa orang.

Salah satu jenis lainnya dari tari topeng ini adalah Tari Topeng Kelana Kencana Wungu yang merupakan rangkaian tari topeng gayaParahyangan yang menceritakan ratu Kencana Wungu yang dikejar-kejar oleh Prabu Menak Jingga yang tergila-tergila kepadanya. Pada dasarnya masing-masing topeng yang mewakili masing-masing karakter menggambarkan perwatakan manusia. Kencana Wungu, dengan topeng warna biru, mewakili karakter yang lincah namun anggun. Menak Jingga (disebut juga Kelana), dengan topeng warna merah mewakili karakter yang berangasan, temperamental dan tidak sabaran. Tari ini karya Nugraha Soeradiredja.

Gerakan tangan dan tubuh yang gemulai, serta iringan musik yang didominasi oleh kendang dan rebab, merupakan ciri khas lain dari tari topeng.


5.Berokan

berokan ini merupakan kesenian yang berasal dari kota  indramayu. Di mana kesenian ini hampir sama dengan kesenian yang ada di china

Namun Berokan ini hampir sama dan hampir mirip seperti barongsai


 www.indramayukab.go.id
 www.smartfren.com
Indramayu Kota Budaya goo.gl/ budayaindramayu @BloggerMangga #Indramayu489

Tidak ada komentar:

Posting Komentar